LABVIRAL

Apa Itu Hedon? Sering Dilontarkan ke Orang Boros Uang

Illustrasi Hedonisme (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM - Apa itu hedon? Pertanyaan ini banyak dilontarkan warga Indonesia di mesin pencarian Google.

Hedon adalah singkatan kata dari hedonisme. Hedon memang kerap diucap kalangan anak muda zaman sekarang, bahkan terbilang kata itu sudah masuk dalam bahasa gaul.

Kata hedon lazim juga dilontarkan kepada seseorang yang mempunyai hasrat belanja tinggi, membeli barang ini itu tanpa berpikir panjang.

Baca Juga: Apa Itu Kolesterol? Ini 5 Obatnya Tanpa Efek Samping

Pengertian Hedonisme

Hedonisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu hedonismeos dengan kata dasar hedone. Kata hedone memiliki arti ‘kesenangan,’ sedangkan hedonismeos diartikan sebuah cara pandang yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kesenangan sebanyak mungkin.

Kesenangan tersebut bisa didapatkan melalui berbagai cara, seperti menikmati hiburan, memiliki harta, kegiatan seksual, dan sebagainya.

Baca Juga: Apa Itu Inflasi? Naiknya Harga-harga Komoditi Secara Umum

Sejarah Hedonisme

Kata hedonisme sudah muncul sejak awal munculnya filsafat, atau saat manusia mulai berfilsafat pada tahun 433 Sebelum Masehi. Pandangan ini muncul ketika Socrates, salah satu filsuf paling terkenal mempertanyakan mengenai tujuan hidup manusia di dunia ini.

Pertanyaan tersebut akhirnya melahirkan pandangan hedonisme. Pada masa itu hedonisme bukan untuk menggambarkan perilaku negatif, melainkan untuk mendeskripsikan esensi dari eksistensial manusia di muka bumi ini.

Jawaban atas pertanyaan Socrates yang kemudian menjadi pandangan hedonismeos atau yang sekarang dikenal dengan nama hedonisme ini berawal dari pemikiran beberapa filsuf lainnya, seperti Aristippus dan Epikuros. Kedua filsuf tersebut memiliki pandangan berbeda terhadap hedonismeos.

Editor : Arief Munandar

Tags :
BERITA TERKAIT