LABVIRAL

Mengenal 7 Rumah Adat Khas Sumatera Barat

Rumah Gadang khas Minangkabau Sumatera Barat (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Setiap daerah di Indonesia mempunyai banyak budaya dan ciri khasnya. Salah satunya yaitu rumah adat. Banyak jenis rumah adat di Indonesia yang mencuri perhatian, karena memiliki desain yang unik dan juga makna yang menarik. 

Rumah adat khas Sumatera Barat sendiri memiliki beragam jenis, tentunya dengan makna yang masing-masing. Untuk lebih mengenal jenis-jenis rumah adat yang berasal dari daerah Sumatera Barat, berikut ini Labviral.com sebutkan jenis-jenis rumah adat khas Sumatera Barat. Yuk disimak!

Baca Juga: Daftar Rumah Adat Sumatera Utara

Rumah Adat Gonjong Ampek Baanjuang

Rumah adat pertama dari provinsi Sumatera Barat lebih tepatnya dari daerah Luhak Nan Tigo yang bernama rumah adat  Gonjong Ampek Baanjuang, rumah adat ini menjadi tanda adat bagi masyarakat. Rumah adat ini memiliki empat buah gojong di atapnya, sesuai namanya “ampek” yang berarti empat. Rumah ini memiliki lebih dari tujuh ruangan dan terdapat anjung di sisi kanan-kirinya.

Rumah Adat Gonjong Anam

Rumah Adat Gonjong Anam Sekilas jika dilihat rumah ini memiliki bentuk dan desain yang mirip dengan Rumah Gadang Gajah Maharam. Hanya saja, bangunan rumah ini telah mengalami modifikasi berupa ukiran khas Minang. Hal ini mengakibatkan bangunan tersebut menjadi beranjung. Bangunan rumah ini tampak lebih modern karena Salangkonya menggunakan papan dan diberi banyak jendela agar cahaya yang masuk ke dalam rumah lebih banyak lagi.

Baca Juga: Mengenal Rumah Adat Bolon dari Sumatera Utara

Rumah Adat Gonjong Sibak Baju

Rumah adat Sumatera Barat yang satu ini merupakan rumah yang bentuknya menyerupai baju yang disobek. Rumah Gonjong Sibak Baju terbuat dari kayu dan sasak. Bentuk rumah adat ini hampir serupa dengan Rumah Gadang Gajah Maharam.

Rumah Gadang Jenis Gajah Maharam

Seluruh bangunan Rumah Gadang Jenis Gajah Maharam terbuat dari kayu pilihan yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti kayu ruyung, surian, dan juar. Atapnya pun bukan terbuat dari ijuk kelapa, namun terbuat dari seng.

Di dalamnya terdapat empat buah kamar yang memiliki pintu berdekorasi ukiran-ukiran khas Minang. Maka tak heran jika rumah adat Sumatera Barat satu ini termasuk dalam kategori rumah ada yang mewah.

Selain mewah, Rumah Gadang Jenis Gajah Maharam juga memiliki ketahanan gempa yang sangat baik. Kekuatan ini dikarenakan rumah tersebut memiliki 30 tiang penopang rumah yang kuat.

Editor : Yusuf Tirtayasa

Tags :
BERITA TERKAIT