LABVIRAL

Dalil Salat Tarawih 20 Rakaat Lengkap dengan Keutamaannya

Salat Tarawih. (Sumber : pexels.com/Didno Didno)

LABVIRAL.COM - Hingga kini, perdebatan tentang berapa jumlah rakaat salat Tarawih masih terus terdengar di tengah-tengah masyarakat.

Sebagian ada yang berpendapat jumlahnya 8 rakaat tetapi ada pula yang lebih percaya dengan 20 rakaat.

Nah, dalam artikel ini akan lebih spesifik membahas tentang dalil yang dijadikan dasar sholat Tarawih 20 rakaat. Bagaimana penjelasannya? Simak artikel ini sampai habis ya!

Baca Juga: Jadwal Imsak Toba Samosir 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Toba Samosir Ramadhan 2023

Dalil salat Tarawih 20 rakaat

Ilustrasi sholat Tarawih.Ilustrasi sholat Tarawih.

Terdapat sejumlah riwayat yang dijadikan acuan oleh kelompok tertentu untuk menentuan jumlah rakaat salat Tarawih mencapai 20 rakaat.

Dari Yazid bin khushoifah dari al-Sa’ib bin Yazid beliau berkata, "Para Sahabat pada masa Umar bin Khattab ra melakukan Qiyamul Lail (beribadah pada tengah malam) di bulan Ramadan 20 rakaat dengan membaca 200 ayat, sedangkan pada masa Utsman ra mereka bersandar pada tongkat karena lamanya berdiri." (HR. Al-Baihaqi).

Baca Juga: Jadwal Imsak Tapanuli Tengah 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Tapanuli Tengah Ramadhan 202

Disadur Labviral.com dari laman resmi Kemenag pada Senin, 27 Maret 2023,  Syaikh Abdul Wahhab al-Sya’raani menyampaikan pendapatnya dalam kitab al-Mizan al-Kubra.

Menurutnya sebagian yang mengamalkannya adalah Qaul Imam Abi Hanifah, Imam Syafii dan Imam Ahmad bahwa salat Tarawih di dalam bulan Ramadan adalah 20 rakaat. Dan sesungguhnya berjamaah itu lebih utama disertai Qaul Imam Malik dalam satu riwayat darinya adalah 36 rakaat.

Editor : Hadi Mulyono

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI