LABVIRAL

Motor Listrik Boleh Digunakan Saat Hujan, Asal Tahu Batasannya !

Motor listrik Rakata NX8 (Sumber : Labviral.com/Ica Juniyanti)

LABVIRAL.COM - Pastinya banyak dari Anda yang bertanya-tanya, sebenarnya motor listrik boleh digunakan saat hujan atau tidak! Jawabannya tentu saja boleh, karena pihak produsen sendiri, sudah membuat berbagai macam komponen atau juga aneka macam part motor listrik yang kedap air.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan ketika Anda akan menggunakan motor listrik pada saat kondisi sedang hujan, antara lain:

1. Kondisi motor

Pada dasarnya kenapa motor listrik boleh digunakan saat hujan, lantaran pihak produsen sudah membuat berbagai macam komponen dan juga part motor listrik kedap air. Salah satunya adalah baterai motor listrik itu sendiri, dimana ini adalah salah satu komponen penting untuk menyimpan daya.

Selain itu ada juga komponen listrik lainnya, seperti controller dan Battery Management System (BMS) yang sudah dibuat secara waterproof. Yang membuat motor tersebut jadi aman untuk digunakan ketika hujan.

Baca Juga: Tips Ampuh Bikin Baterai Motor Listrik Usia Pakainya Makin Panjang

2. Kondisi genangan air saat banjir

Sama seperti motor bensin umumnya, ketika hujan turun, Anda sebaiknya menghindari genangan air, atau dalam hal ini banjir. Walaupun sudah kedap air, sebaiknya jangan memaksakan motor untuk memasuki genangan air yang tinggi, karena dapat menyebabkan konsleting.

Adapun tinggi maksimal untuk motor listrik melintasi genangan air ketika banjir adalah, bagian dek kaki. Karena pada bagian tersebut, biasanya terdapat terminal baterai, yang rawan konsleting.  

Baca Juga: Motor Listrik Sport Rakata NVX8 Nih, Senggol Dong!

3. Anda yang tinggal di kawasan rawan banjir  

Bagi Anda yang tinggal di kawasan rawan banjir, ada baiknya jika melepas soket power atau baterai.

Sedikit tips tambahan, ketika melakukan charging baterai, sebaiknya ambil di daerah yang kering, guna menghindari konsleting.   

Editor : Bonifasius Sedu Beribe

Tags :
BERITA TERKAIT