LABVIRAL

Yuk Kepoin Fakta Unik Rumah Gadang Khas Sumatera Barat

Rumah Gadang khas Minangkabau Sumatera Barat (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Setiap daerah di Indonesia mempunyai banyak budaya dan ciri khasnya. Salah satunya yaitu rumah adat. Banyak jenis rumah adat di Indonesia yang mencuri perhatian, karena memiliki desain yang unik dan juga makna yang menarik. Adapun salah satu rumah adat yang cukup populer yaitu rumah adat daerah Sumatera Barat.

Adapun salah satu rumah adat Sumatera Barat yaitu rumah Gadang, Rumah Gadang adalah salah satu ikon yang paling dikenal dari suku Minangkabau, rumah Gadang juga telah menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Barat. Rumah Gadang juga bukan hanya sekadar bangunan fisik, tetapi juga melambangkan kedalaman sejarah, budaya, dan filosofi yang kaya. 

Perlu sobat viral ketahui, di kampung halamannya sendiri, rumah Gadang ini lebih dikenal dengan sebutan ‘rumah bagonjong’. Menurut sejarah aslinya, tidak semua wilayah di Sumatera Barat dapat dibangun rumah adat seperti ini. 

Baca Juga: Daftar Rumah Adat Sumatera Utara

Rumah bagonjong hanya didirikan di kawasan tertentu yang berstatus nagari. Karena itulah, eksistensi rumah bagonjong atau rumah gadang di luar Minangkabau terjadi karena aturan adat yang melemah seiring perkembangan zaman.

Rumah gadang sendiri memiliki beberapa keunikan, yang membuat rumah adat khas Sumatera Barat ini cukup populer. Berikut ini Labviral.com jelaskan keunikan rumah Gadang khas Sumatera Barat. Yuk disimak!

Design yang menyerupai perahu 

Sobat viral, perhatikan bentuk rumah Gadang, dimana dari keseluruhan, rumah Gadang memiliki bentuk yang menyerupai sebuah perahu hal tersebut karena pada bagian bawah berukuran kecil dan membesar di bagian atas. Rumah adat Sumatera Barat merupakan salah satu jenis rumah panggung yang dapat mengurangi resiko masuknya hewan-hewan liar.

Atap yang menyerupai tanduk kerbau 

Rumah Gadang memiliki bentuk atas yang menyerupai tanduk kerbau. Hal tersebut dikarenakan dalam budaya Minang tanduk Kerbau bermakna harapan untuk menuju Tuhan baik melalui nilai-nilai, amal ibadah, dan apapun yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri pada-Nya. Hal ini disebabkan eratnya tradisi keislaman dalam budaya Minang.

Baca Juga: Mengenal Rumah Adat Bolon dari Sumatera Utara

Tidak hanya, makna tanduk kerbau juga berarti kemenangan. Makna ini diambil dari histori kemenangan suku Minang dalam perlombaan adu kerbau di Pulau Jawa di masa lalu.

Editor : Yusuf Tirtayasa

Tags :
BERITA TERKAIT