LABVIRAL

Gak Semua Jenis Bensin Cocok ke Kendaraanmu, Performa Taruhannya!

Ilustrasi: Pengisian bahan bakar bensin (Sumber : bensin motor antir boros)

LABVIRAL.COM - Di Indonesia, terdapat beberapa jenis bahan bakar minyak (BBM), dan yang paling populer digunakan dan tersedia di berbagai daerah ialah produk dari Pertamina.

Pertamina mempunyai beberapa jenis bahan bakar bensin, diantaranya: Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamax Raxing. Kelima jenis bahan bakar tersebut ialah jenis yang paling umum digunakan oleh masyarakat.

Tahukah kamu, dari kelima jenis bahan bakar tersebut, kamu tak boleh sembarang menjadikannya bahan bakar kendaraan kamu. Karena, tiap masing-masing bahan bakar memiliki kandungan oktan yang berbeda-beda.

Baca Juga: Anti Boros-boros Club! Simak Tips Hemat Bensin Mobil

Nah kandungan yang berbeda tersebut pula harus disesuaikan dengan kebutuhan dari mesin kendaraanmu sendiri. Jika kamu menggunakan jenis bensin yang tidak sesuai dengan kebutuhan mobilmu, makan akan ada beberapa masalah yang muncul, salah satunya performa kendaraan tidak akan baik.

Pada dasarnya, setiap kendaraan memiliki spesifikasi kebutuhan bahan bakar yang berbeda-beda. Untuk itu, penting untuk kamu menyesuaikan bahan bakar sesuai dengan spesifikasi kebutuhan mobil kamu sendiri.

Bagaimana cara mengetahui spesifikasi kebutuhan bahan bakar dari kendaraanmu?

Nah, biasanya saat kamu ingin membeli mobil atau saat kamu melihat peluncuran mobil, produsen akan menjelaskan terkait spesifikasi mobil tersebut, termasuk spesifikasi kebutuhan bahan bakarnya. Nah dari situ, kamu bisa menyesuaikan bahan bakar apa yang tepat untuk kamu gunakan.

Baca Juga: Simak Tips Hemat Bahan Bakar, Kala Bensin Boros Bikin Jengkel

Perlu diketahui, sebelum memasarkan mobil atau motor, biasanya produsen sudah melakukan riset dan penentuan spesifikasi, kemudian merekomendasikan bahan bakar yang cocok digunakan konsumen.

Editor : Bonifasius Sedu Beribe

Tags :
BERITA TERKAIT