LABVIRAL

Simak Yuk! Berikut Langkah-langkah Proses Mutasi Motor dan Biayanya

Langkah Langkah Proses Mutasi Motor dan Biayanya (Sumber : federaloil.co.id)

LABVIRAL.COM - Mutasi motor merupakan proses pencabutan berkas dari samsat asal kendaraan untuk didaftarkan di samsat sesuai dengan alamat identitas baru pemilik kendaraan.

Hal tersebut dilakukan jika pemilik motor melakukan perpindahan alamat  ke kabupaten/kota lain, maka perlu dilakukan penyesuaian dokumen kendaraan dengan memindahkan lokasi pendaftaran ke samsat sesuai alamat  terbaru. 

Proses mutasi motor pada umumnya akan memerlukan waktu, terlebih jika pemilik motor mengurus secara mandiri atau sendiri. Tapi kamu tidak perlu takut, karena  prosedur melakukan pemutasian motor  tidak terlalu rumit. 

Terdapat beberapa langkah dan persiapan yang perlu kamu siapkan jika ingin melakukan proses mutasi motor, diantaranya yaitu biaya dan juga beberapa berkas. 

Baca Juga: Nggak Usah Bingung, Begini Cara Mudah Bedakan BPKB Asli atau Palsu Saat Beli Motor Bekas

Untuk lebih jelasnya, berikut ini Labvira.com sebutkan langkah-langkah proses mutasi motor yang bisa kamu ikuti. Yuk disimak!

Langkah-Langkah Cara Mutasi Motor Sendiri

Pengecekan fisik kendaraan

Langkah pertama yang akan kamu lakukan jika ingin mutasi motor yaitu mencabut berkas kendaraan di samsat. Namun hal pertama yang dilakukan jika ingin mencabut berkas kendaraan di samsat yaitu tindakan pengecekan fisik kendaraan.

Hal tersebut akan dilakukan petugas samsat untuk memastikan bahwa fisik motor sesuai dengan surat-surat motor. Pada proses cek fisik ini biasanya membutuhkan biaya, namun juga tergantung pada daerah masing-masing. Kadang ada yang harus membayar sejumlah uang ke petugas  dan ada juga yang gratis.

Editor : Yusuf Tirtayasa

Tags :
BERITA TERKAIT